Senin, 24 Desember 2012 - 0 komentar

Hendak Menjadi Muslim / Mukmin

Orang-orang yang hendak menjadi muslim / mukmin, mula pertama ia harus mengucapkan dua kalimat syahadat dengan faham maknanya.

Orang yang tidak dapat mengucapkan dengan lisan karena bisu atau uzur lainnya atau karena ajal telah mendahuluinya padahal hatinya sudah beriman, mereka itu mukmin dihadapan Allah dan akan selamat kelak di hari kemudian. Tetapi orang yang tidak mau mengucapkannya, maka mereka tetap dihukum kafir.

Adapun arti Islam ialah tunduk menyerahkan diri kepada Allah dengan ikhlas.

Iman dan Islam satu sama lain tidak dipisah-pisahkan dan sukar pula untuk dibedakan, karena seseorang tidak akan dikatakan mukmin jika tidak menyerahkan diri dan menjunjung tinggi apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah saw. Begitu juga ia tidak akan menyerahkan diri dan menjunjung tinggi jika ia tidak beriman. Karena itu setiap mukmin tentu muslim dan setiap muslim tentu mukmin.

Agar lebih jelas tentang arti iman dan Islam, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
"Mengikrarkan dengan lidah tentang adanya Allah, dan hatinya membenarkan apa yang diikrarkan lidah, kemudian anggotanya melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya."

0 komentar:

Posting Komentar